Sekelompok peneliti dan pakar teknik di Jepang, telah mengembangkan kendaraan listrik yang mayoritas terbuat dari resin sintetis. Mobil konsep itu dipamerkan di Tokyo beberapa hari lalu. Kendaraan itu dikembangkan di bawah program yang dipimpin oleh Kantor Kabinet guna menciptakan teknologi inovatif.

Kendaraan listrik itu berukuran panjang lebih dari 4 meter, dengan bentuk langsing futuristik. Resin yang dikembangkan khusus dipergunakan bagi sekitar 90 persen bodinya. Kendaraan itu sekitar 40 persen lebih ringan daripada mobil biasa.

Para pengembangnya mengatakan mereka menggabungkan berbagai jenis resin yang berbeda untuk membuat bodi mobilnya kuat. Profesor Kohzo Ito dari Universitas Tokyo adalah tokoh kunci dari kelompok itu. Ia mengatakan, kendaraan yang 50 persen lebih ringan dapat berjalan dengan separuh bahan bakar yang diperlukan mobil konvensional.

Prof. Ito mengatakan, akan ada imbas positif besar pada lingkungan jika resin dan plastik yang baru dikembangkan telah dipergunakan luas. Ditambahkannya, tantangan besarnya adalah memangkas biaya. Ia merasa produksi massal dan berbagai cara lainnya akan membantu mewujudkannya.